Tantangan Terbesar Desain Website

Mendesain Website adalah bukan tugas yang mudah. Dibutuhkan banyak kreativitas, ketelitian dan ide untuk mendesain web yang bagus. Seorang pengembang web harus menghadapi berbagai tantangan untuk dapat menghasilkan hasil karya supaya dapat mencapai target pasar yang diinginkan. Memberikan kemudahan bagi pengguna, menyesuaikan tampilan dengan berbagai perangkat dan integrasi dengan aplikasi berbeda adalah beberapa hal yang harus selalu diperhatikan bagi seorang pengembang web.

Apa sajakah yang menjadi tantangan terbesar bagi pengembang web untuk dapat menghasilkan karya dengan baik ? Apakah hanya fokus pada faktor keindahan dan kenyamanan saja ? Atau lebih prioritas dengan keamanan dan kecepatan akses website ? Tidak ada jawaban sebelum Anda mencobanya, bahkan sebuah kitab panduan desain web pun belum tentu dapat memberikan gambaran yang tepat untuk menjawab setiap tantangan tersebut. Mulai dengan konfigurasi server, penggunaan resource, script akses database, penggunaan script yang tepat, minimalisir gambar bergerak, clean design adalah riset panjang yang tidak akan pernah selesai menyesuaikan dengan perkembangan teknologi.

Berikut ini tujuh tantangan terbesar dalam desain web yang kami kutip dari infografis buatan DesignMantic untuk memberikan gambaran apa saja tantangan yang harus Anda pertimbangkan untuk mendesain website.

1. Integration

Sebuah website harus memiliki integrasi dengan aplikasi pihak ketiga, contohnya seperti Google Maps, social media dan lainnya. Bahkan kita harus menyediakan API untuk bisa menghasilkan data yang dapat di aplikasikan pada perangkat mobile dalam bentuk aplikasi.

2. Accessibility

Pengembang web harus memastikan website bisa dengan mudah diakses oleh pengunjung. Mulai dari anak-anak, dewasa hingga orang tua. Ini adalah tantangan terbesar bukan? Dan membutuhkan riset yang panjang pastinya.

3. Responsive

Menyesuaikan tampilan web dengan berbagai perangkat mulai dari handphone, tablet ataupun PC. Dulu mendesain website hanya fokus pada satu ukuran layar, tapi dengan berkembangnya teknologi mobile, ini menjadi tantangan tersendiri bagi pengembang web.

4. Security (Keamanan)

Masalah keamanan bukan hanya dilakukan pada server, tapi juga ada pada sistem yang Kita bangun. Kita sadar bahwa tidak ada yang menjamin sistem 100% aman dari gangguan/serangan. Lakukan backup secara rutin untuk mengantisipasi kejadian yang tidak Kita duga.

5. User Experience (Pengalaman Pengguna)

Memahami kebiasaan pengunjung bukanlah hal mudah, setiap pengunjung memiliki kebiasaan yang berbeda. Bahkan ada sebagian pengunjung yang tidak memahami setiap komponen yang ada pada website seperti tidak bisa membedakan apakah ini sebuah tombol yang bisa diklik atau bukan. Riset ini butuh waktu yang lama, Anda harus mengujicoba pada banyak orang untuk bisa mendapatkan kesimpulan.

6. Speed (Kecepatan)

Memastikan website lebih cepat diakses adalah merupakan tantangan yang tidak kalah penting, pastikan pengunjung Anda tidak kesal dan meninggalkan web Anda karena halaman yang diinginkan tidak kunjung tampil. Pastikan penggunaan plugin, script, gambar yang tepat dalam membangun web. Masalah koneksi server dan banyaknya jumlah pengunjung menjadi momok yang menakutkan bagi pengembang web.

7. Retention

Membuat pengunjung ingin datang kembali ke website Anda bukanlah hal mudah, pastikan Anda menyajikan konten yang bermanfaat, desain yang nyaman untuk membuatnya bisa kembali lagi berkunjung. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *